Sabtu, 30 Maret 2013

Baru Memulai Usaha ? Simak Nih Cara Sukses Memulai Usaha Kecil



Banyak dari kita yang memiliki kelebihan uang ataupun waktu. Tentunya, akan lebih bermanfaat apabila kelebihan tersebut dapat dijadikan sesuatu yang produktif. Sebut saja, dengan memulai usaha kecil.
Tentunya, Anda akan bertanya-tanya bagaimana cara memulai usaha kecil. Berikut ini kami sampaikan beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk sukses membuka usaha kecil:
Mulailah dari kesenangan Anda
Carilah usaha yang dekat dengan kesenangan atau kemampuan Anda. Kemampuan itu adalah modal Anda yang pertama. Anda bisa merenungkan, apa saja yang Anda kuasai dan mampu Anda kerjakan dengan baik. Kemampuan ini akan berkembang terus dan Anda yang tahu seluk-beluknya. Setiap usahapunya kerumitan dan masalahnya sendiri.
Mengukur peluang dari usaha baru yang akan Anda buat
Semua usaha baru dimulai karena ada kebutuhan. Setelah Anda mengidentifikasi adanya kebutuhan, barulah ada pasar yang potensial.
Carilah modal atau partner
Jika tidak punya modal sendiri, maka Anda perlu menjalin kerjasama dengan orang lain. Disarankan Anda berhati-hati dalam masalah administrasi keuangannya, karena banyak kasus penipuan. Banyak partner yang curang atau nakal. Jika Anda hanya punya kemampuan, misalnya, ada kemungkinan partner Anda akan “menendang” Anda keluar begitu dia dan anak buahnya menguasai keahlian yang diperlukan tersebut. Anda perlu menempatkan orang yang Anda percaya untuk mengawasi keuangan, kalau bisa Anda tangani sendiri soal uang ini. Selalu berhati-hati agar tidak ditipu orang.
Makin Anda terlibat langsung, makin baik
Setelah usaha Anda cukup anak buah, Anda bisa mulai mendelegasikan wewenang pada bawahan. Usaha kecil pada awalnya harus ditangani sendiri. Karena sistem administrasi dan organisasinya belum mapan, mudah terjadi penyimpangan jika Anda serahkan pada orang lain. Jika Anda tidak bisa menjalankan dan mengawasi langsung, Anda akan mudah “dikerjain” atau ditipu karyawan atau rekan Anda.
Pertimbangkan lokasi dan tata letak dengan baik
Untuk usaha kecil dalam bidang penjualan, promosi terbaik adalah lokasinya. Tata letak pabrik dan toko yang baik akan mempermudah kemampuan produksi.
sumber : www.ciputraentrepreneurship.com
URL : http://pisangnuggetegi.blogspot.com/2013/03/baru-memulai-usaha-simak-nih-cara.html

0 komentar:

Posting Komentar